Cara memeriksa payudara sendiri untuk mendeteksi kanker payudara

Posted by Andini On 0 comments
Kanker payudara merupakan momok bagi kaum wanita. Karena mematikan, biasanya untuk tindakan penyelamatan dilakukan pengangkatan payudara. Namun langkah ini menyisakan masalah psikologis yang cukup berat, karena hilangnya benda berharga tersebut menyebabkan sosoknya tidak lagi sempurna sebagai seorang wanita, karena berhubungan dengan masalah keharmonisan rumah tangga.

Banyak para wanita yang diketahui menderita kanker payudara. Celakanya banyak yang terlambat dan telah mencapai stadium akut. Untuk menghindari hal tersebut sangat dianjurkan para wanita melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) untuk mendeteksi kemungkinan munculnya kanker/tumor payudara.

Sebaiknya pemeriksaan payudara sendiri dianjurkan setiap bulan. Langkahnya mudah sehingga Anda sendiri dapat melakukannya dengan baik. Jika Anda tahu bagaimana kondisi payudara yang normal, maka Anda akan merasakan apabila ada perubahan pada payudara.

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri adalah setelah selesai menstruasi, ketika payudara tidak lunak atau bengkak. Jika anda tidak mengalami menstruasi teratur, maka pemeriksaan dapat dilakukan pada tanggal yang sama setiap bulannya.

Periksa payudara Anda!

Berikut ini langkah mudah memeriksa payudara sendiri dengan benar. Ada 7 tahap bagaimana melakukan pemeriksaan payudara sendiri:
  • Berbaring dan letakkan bantal di bawah pundak. Letakkan tangan kanan di bagian belakang kepala
  • Gunakan tiga jari tengah kiri Anda untuk merasakan benjolan di tengah-tengah payudara kanan Anda
  • Tekan payudara Anda dengan kuat untuk merasakan payudara. Jika Anda tidak yakin seberapa kuat untuk menekan, tanyakan pada dokter Anda atau mencoba mencontohkan cara menggunakan jari selama pemeriksaan payudara. Semakin sering Anda melatih merasakan payudara akan lsemakin baik
  • Lakukan pemutaran dengan satu alur. Anda dapat menandai setiap putaran (A), atas dan bawah (B), atau benjolan (C). Lakukan hal yang sama setiap bulan. Hal itu akan membantu Anda untuk memeriksa semua area payudara
  • Lakukan hal yang sama untuk payudara kiri dengan jari kanan.

sadari

breast_exams2
  • Ulangi pemeriksaan untuk kedua payudara saat berdiri, dengan tangan di belakang kepala. Buat posisi yang mudah untuk memeriksa bagian atas dan setiap bagian payudara (mengarah ke ketiak). Anda dapat melakukan periksa payudara sendiri saat mandi. Perubahan pada payudara dapat lebih mudah dirasakan pada saat kulit kita basah dan licin.
  • Untuk lebih aman, Anda juga dapat memeriksa payudara dengan melihat lekukan di kulit payudara, perubahan pada puting, kemerahan atau bengkak saat berdiri di depan kaca setelah Anda melakukan pemeriksaan setiap bulan

Penting untuk diingat bahwa pemeriksaan payudara sendiri bukanlah satu-satunya pemeriksaan untuk deteksi dini kanker payudara. Mammografi (foto pemeriksaan payudara) dan pemeriksaan oleh dokter lebih sensitif dan akurat dibandingkan pemeriksaan sendiri dalam menemukan stadium dini kanker.

[caption id="" align="aligncenter" width="400"]mamografi Saat dilakukan mammografi, payudara 'ditekan' kemudian difoto. Dengan cara ini deteksi dini munculnya kanker dapat diketahui dengan lebih akurat.[/caption]

[caption id="" align="aligncenter" width="400"]breast-ultrasound Contoh mammografi dengan ultrasound.[/caption]

Perhimpunan Kanker Amerika merekomendasikan pemeriksaan gabungan antara mammografi, pemeriksaan klinis payudara dan periksa payudara sendiri, seperti dibawah ini:
  • Wanita berusia 40 tahun keatas harus mammografi setiap tahun, pemeriksaan klinis payudara oleh dokter setiap tahun dan juga periksa payudara sendiri setiap bulan. Pemeriksaan klinis payudara dilakukan dalam waktu yang berdekatan dengan jadwal mammografi
  • Wanita berusia 20-39 tahun melakukan pemeriksaan klinis payudara setiap 3 tahun dan melakukan periksa payudara sendiri setiap bulan

Dokter akan menunjukkan teknik yang tepat untuk pemeriksaan payudara sendiri dalam melakukan pemeriksaan payudara tahunan. Ini harus dilakukan sewaktu melakukan cek up menyeluruh.

0 comments:

Post a Comment