Ternyata obat generik sama manjurnya dengan obat paten

Posted by Andini On 0 comments
rajur Jika mendengar istilah obat generik seringkali membuat kita apatis. Obat generik identik dengan obat yang jelek mutunya, sehingga tidak akan memberikan efek apa-apa bila kita mengkonsumsinya di kala sakit. Apakah anggapan tersebut memang beralasan?
Obat generik merupakan obat yang tidak memiliki merek dagang dan menggunakan nama zat aktifnya sebagai nama produk. Obat generik ini dibuat untuk mendukung program pemerintah dalam menyediakan obat yang bermutu dan terjangkau. Sehingga kesehatan bukan lagi milik kalangan berduit saja.
Untuk meningkatkan mutu obat generik, sejak beberapa tahun lalu telah dipasarkan obat generik berlogo (OGB) yaitu obat generik yang telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan dan diproses dengan standar cara pembuatan obat yang baik (CPOB). OGB dibuat dengan standar yang sama dengan obat bermerek sejenis, sehingga memiliki komposisi, kualitas dan khasiat yang setara. Dengan standar mutu yang ketat, maka OGB memiliki mutu dan khasiat yang sama baiknya dengan obat bermerek sejenis.

OGB lebih ekonomis

  • Umumnya diproduksi dalam jumlah yang besar sehingga biaya produksi dapat ditekan dan lebih efisien.
  • OGB memiliki kemasan yang baik dan sederhana, sehingga biaya bahan kemasan dapat ditekan.
  • OGB tidak memiliki biaya promosi seperti obat bermerek lainnya.
  • Harga OGB ditetapkan oleh pemerintah, dengan mempertimbangkan biaya produksi yang wajar, sehingga harga OGB dapat terjangkau dengan mutu obat yang baik.
  • oGB memiliki harga yang stabil karena ditetapkan oleh pemerintah dengan mempertimbangkan kepentingan masyarakat.

Produk OGB lengkap

  • OGB memiliki rangkaian produk yang sangat lengkap untuk berbagai penyakit, mulai dari obat anti nyeri dan inflamasi, antihipertensi, antibiotika, anti jamur, anti histamin, kortikosteroid, anti kolesterol dan lain-lain.

Cara memperoleh OGB

  • Anda dapat meminta kepada dokter anda untuk memberikan resep OGB sehingga biaya pengobatan dapat dihemat.
  • Anda dapat meminta kepada apotek untuk memberikan OGB guna menghemat biaya obat.
Uraian tersebut menunjukkan kepada kita bahwa obat generik ternyata memiliki mutu dan khasiat yang setara dengan obat bermerek yang sejenis, harga yang lebih terjangkau, serta memiliki rangkaian produk yang luas untuk berbagai penyakit. Jadi bukan tidak mungkin, obat generik menjadi pilihan sebab dengan harga yang lebih terjangkau, kita bisa mendapatkan kualitas obat yang baik.

0 comments:

Post a Comment