Cara aman dan gampang mengatasi komedo

Posted by Andini On 0 comments
Pada postingan sebelumnya, saya sudah jelaskanbaha ekstraksi komedo punya potensi berbahaya. Lantas bagaimana cara aman untuk mengatasi komedo? Perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo:
1. Sabun wajah
cewek komedoMembersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up sangat penting dilakukan. Kotoran di wajah dapat menyebabkan tertumpuknya minyak di pori-pori kulit dan sel-sel kulit mati yang terkelupas sehingga menyebabkan timbulnya komedo atau jerawat. Untuk mencegah terjadinya komedo, sebaiknya kulit wajah dibersihkan menggunakan sabun wajah 2-3 kali sehari. Sebaiknya menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Tidak disarankan menggunakan sabun wajah anti bakteri karena tidak efektif. Infeksi pada komedo yang menyebabkan jerawat terjadi di dalam kulit, tidak terjangkau oleh sabun wajah. Sabun anti bakteri yang bersifat lebih keras memungkinkan terjadinya iritasi pada kulit. Hal ini bisa merangsang timbulnya jerawat lebih banyak. Sabun anti bakteri juga bisa membuat jerawat menjadi lebih kering, terutama bila kadar air di kulit berkurang.
2. Derivat vitamin A
Menangani komedo juga bisa menggunakan obat topikal yang mengandung derivat vitamin A, contohnya tretinoin. Derivat vitamin A berfungsi untuk meningkatkan proses regenerasi kulit dan menghilangkan pembuntuan pada pori-pori kulit secara normal. Obat tersebut hanya dipakai pada malam hari, setelah membersihkan wajah.
3. Tabir surya
Penggunaan tretinoin bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit wajah. Iritasi kadang diperlukan untuk merangsang regenerasi sel-sel kulit. Iritasi tersebut ditandai dengan kulit kering, terasa ketat, gatal, bisa juga kulit menjadi kemerahan. Iritasi menyebabkan pertahanan kulit menuruh, sehingga kulit rentan mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari. Maka kulit perlu dilindungi tabir surya atau sunblok pada pagi dan siang hari. Sebagai contoh penggunaan sunblok SPF 30, dioleskan merata seluruh wajah dan leher, diulang setiap lima jam.
4. Antibiotik
Pada komedo yang telah menjadi jerawat yang meradang, diberikan antibiotik. Pemberiannya bisa dengan oral maupun secara topikal.
Agar komedo tidak muncul lagi, ada baiknya Anda rajin menggunakan produk anti acne dan anti komedo.

0 comments:

Post a Comment