Kulit wajah menipis karena menggunakan cream pemutih

Posted by Andini On 1 comments
Berhati-hatilah dalam menggunakan cream pemutih wajah (whitening cream). Tidak semua cream pemutih memiliki kualitas baik, sekalipun berharga mahal. Penggunaan cream pemutih yang salah atau tidak cocok bisa menyebabkan kulit wajah menipis.
telangiectasia rosaceaPenipisan kulit wajah ini di dunia medis sering disebut telangiectasia rosacea. Gejala ini bisa dilihat dari pembuluh kapiler darah pada lapisan dermis yang menjadi tampak transparan. Semakin lama penampakan kapiler darah ini semakin jelas, sehingga sangat mengganggu ‘pemandangan’. Umumnya kalau diraba dengan jari, kulit menjadi lebih sensitif dan terasa sedikit perih. Jika Anda mengalami hal itu, saran saya hanya satu: Hentikan pemakaian cream tersebut segera!
Apakah penipisan ini bisa pulih kembali? Ya. Kulit wajah Anda bisa kembali normal seperti semula namun memerlukan waktu sekitar beberapa minggu.
Mengapa beberapa jenis cream bisa menyebabkan penipisan kulit wajah?
Cream pemutih tertentu memang bekerja lebih cepat memutihkan wajah Anda. Tetapi kandungan bahan tertentunya bekerja seperti ‘ampelas kimiawi’ akan ‘menggerus’ epidermis kulit hingga ke lapisan granulosum. Lapisan granulosum inilah yang bertanggung jawab membentuk pigmen kulit yang disebut melanin. Makin banyak melanin terbentuk, makin hitamlah kulit Anda.
Jika ‘penggerusan’ epidermis hingga ke lapisan granulosum ini terjadi, maka kulit Anda menjadi lebih putih karena terjadi pengurangan melanin. Tapi, ya itu tadi, kulit wajah Anda menjadi menipis. Lihat gambar penampang kulit di bawah ini.
Penampang kulit manusiaPenampang kulit manusia
Apabila penipisan tersebut berlanjut akan berpotensi menyebabkan terjadinya mikrolesi, yaitu suatu luka kecil yang tidak dapat dilihat mata telanjang. Pada kasus yang lebih parah kapiler bisa bocor sehingga menyebabkan infeksi pada kulit wajah, karena lapisan epidermis telah menipis dan tidak lagi bisa menghambat masuknya kuman.
Lepas dari masalah genetis (keturunan), sebaiknya Anda memilih cream pemutih yang aman. Cream pemutih yang aman bekerja dengan cara menghambat produksi melanin oleh melanosit (sel pembentuk melanin) pada lapisan granulosum. Berkurangnya produksi melanin ini akan membuat wajah Anda tampak lebih bersih dan cerah.
Agar hasil pencerahan wajah tersebut tetap terjaga, biasakan menggunakan sunblock (sunscreen) saat beraktifitas di luar ruangan untuk menghalangi pengaruh sinar ultraviolet matahari. Sinar ultraviolet inilah yang merangsang melanosit sehingga memproduksi melanin lebih banyak, dan menyebabkan kulit wajah Anda menjadi gelap dan kusam.

1 comments:

Rizka Rahmaida said...

Tanya Dokter,
Saya pake produk perawatan, udah ampir setahun. Memang jerawat jadi kering dan muka jadi lebih bersih. Tapi di muka saya jadi kelihatan pembuluhnya seperti gambar di atas.
Waktu tanya ke dokternya, katanya itu wajar karena tiap orang berbeda2, dan ga ada penipisan.
Saya jadi bingung Dok..
Kenapa pendapat dokter berbeda? Apakah itu karena dia bekerja di perawatan wajah?
Terus solusinya gimana Dok?
Makasih infonya dok..

Post a Comment