Daftar imunisasi wajib

Posted by Andini On 0 comments
imageSaya percaya Anda pasti tahu tentang imunisasi. Apalagi kalau sudah berkeluarga dan memiliki momongan, pasti telah melakukan beberapa jenis imunisasi untuk sang buah hati. Berikut ini adalah daftar dan jenis imunisasi yang umum diberikan kepada anak.

Imunisasi Wajib

BCG
Singkatan dari Bacillus Calmette-Guerin. Tugasnya menjaga tubuh dari Tuberkulosis. Tuberkulosis adalah penyakit yang menyerang seluruh tubuh terutama paru-paru akibat bakteri Mycobacterium tuberculosis. 50% penderitanya meninggal dunia karena penyakit ini. Bukti langsung seseorang menderita Tuberkulosis adalah bila ditemukan adanya bakteri tuberkulosis di dalam dahaknya. Vaksinnya telah ditemukan tahun 1927 oleh Albert Calmatte dan Camille Guerin. Jadwal : Sejak anak lahir vaksin ini sudah harus di berikan paling lama tiga bulan. Jika usia bayi lebih dari 3 bulan, bayi harus di uji tuberkulin dahulu, jika hasilnya negatif, bayi dapat diberi vaksin.

Hepatitis B
Hepatitis B adalah penyakit menular yang merusak hati. Ia disebabkan virus hepatitis B. Gejalanya antara lain gangguan perut, kotoran menjadi pucat, lemah, urine menjadi kuning dan flu. Mata atau kulit berubah warna menjadi kuning. Hepatitis B berbahaya karena dapat mengakibatkan sirosis hepatis, kanker hati dan akibatnya kematian. Vaksinnya ditemukan tahun 1981 oleh Maurice Hilleman. Jadwal : Diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir. Selanjutnya vaksin HB diberi lagi setelah satu bulan dan di ulang kembali saat bayi berusia antara 3 hingga 6 bulan. Interval dosis minimal 4 minggu.

Polio
Polio adalah penyakit lumpuh yang disebabkan virus. Karenanya ia menular. Polio sangat berbahaya karena ia tidak memiliki gejala awal. Dalam kasus yang ringan, orang yang selamat dapat menjadi kebal. Pada kasus yang berat (1 dari 200 kejadian) orang dapat menjadi lumpuh. Terdapat kasus yang lebih berat lagi dimana virus polio berhasil masuk ke otak dan menyebabkan koma dan kematian. Orang yang belum pernah terkena polio menjadi rentan dibandingkan orang yang pernah. Untungnya vaksin polio telah lama ditemukan dan termasuk bagian imunisasi wajib. Vaksin harus diberikan sedini mungkin karena kasus menunjukkan 50% korban polio adalah anak-anak. Penemu vaksin polio adalah Jonas Salk, pada tahun 1952. Beliau tidak mempatenkannya karena menganggap vaksin ini milik semua orang. Kemudian produksi vaksin massal dikembangkan oleh Albert Sabin. Imunisasi polio pertama dilakukan tanggal 23 februari 1954 di Pittsburg, dan tahun 1979, penyakit polio resmi hilang dari Amerika Serikat. Pada tahun 1955, presiden Dwight Eisenhower bermurah hati mengajarkan pembuatan vaksin polio secara gratis ke 75 negara, termasuk musuhnya, Uni Soviet. Sebelumnya diduga polio telah lenyap di Indonesia namun tahun 2005 terjadi kasus polio di Sukabumi. Virusnya diduga berasal dari wabah di Nigeria. Ia terbawa ke Indonesia lewat Arab, kemungkinan pada saat ibadah haji atau orang yang bekerja di Arab, atau mungkin yang lainnya. Jadwal : Vaksin diberikan saat lahir secara tetesan (oral). Bila lahir di Rumah Sakit, vaksin polio harus diberikan terlebih dahulu sebelum pulang sehingga tidak terjadi resiko transmisi virus. Pemberian vaksin di ulang pada bulan ke-2, ke-4, ke-6, ke-18 (satu setengah tahun) dan pada saat anak berusia lima tahun.

DTP
Singkatan dari Difteri, Tetanus dan Pertusis. Dari namanya ia menyiratkan sebuah vaksin yang mengobati ketiga penyakit ini sekaligus. Terdapat dua jenis vaksin DTP, yaitu DTaP (diphtheria, tetanus, acellullar pertussis), dan DTwP (diphtheria, tetanus and whole-cell pertussis). DTP merupakan vaksin yang paling mungkin menyebabkan demam. Hal ini disebabkan komponen vaksin Pertusis di dalamnya. Karenanya DTP disempurnakan menjadi DTaP dengan memilih bagian terpenting dari kuman pertusis. Namun penyempurnaan ini melalui proses rekayasa genetik sehingga harga vaksin DTaP jauh lebih mahal dari DTwP (DTP yang pertama). Difteri sendiri adalah penyakit tersumbatnya jalan napas akibat bakteri Corynebacterium diphteriae menghasilkan eksotoksin yang mengakibatkan reaksi inflammasi dan terbentuknya pseudomembran yang menutupi jalan napas.  Pertusis juga merupakan penyakit pernapasan, yang sering dikenal dengan batuk rejan. Ia disebabkan oleh bakteri Bordetella Pertusis. Tetanus juga disebabkan oleh bakteri yaitu Clostridium tetani. Ia adalah penyakit syaraf yang dicirikan kejang-kejang di berbagai bagian tubuh. Infeksi Clostridium tetani tergolong unik karena hanya masuk lewat luka. Saat seseorang terluka, terdapat serabut syaraf yang terpapar ke udara luar. Dari sinilah Clostridium tetani masuk dan merambat ke berbagai bagian syaraf lainnya. Akibat paling parah adalah penyerangan ke otak, pusat dari syaraf sehingga bisa mematikan. Jadwal: Diberikan saat bayi berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 18 bulan, lima tahun dan 12 tahun.

Campak
Campak (rubeola, measles) adalah penyakit virus yang ditandai demam, batuk, ruam kulit dan radang selaput ikat mata (konjungtivis). Dulu sebelum vaksin campak dibagikan ke masyarakat, wabah campak terjadi tiap 2 hingga tiga tahun, terutama pada anak pra sekolah dan anak SD. Walaupun sekali terkena, seseorang akan kebal dengan campak, tapi apakah harus menunggu terkena dulu baru bisa kebal? Tentu tidak. Maukah kamu diasingkan paling lama 4 hari setelah ruam muncul selama 4 hingga tujuh hari? Tentu tidak. Ia bahkan dapat menghasilkan komplikasi yang berupa bronkopneumonia yang cukup sering terjadi dan cukup mematikan.  Untungnya Sains telah menemukan vaksinnya pada tahun 1963 atas jasa Maurice Hilleman dari Merck. Sekarang vaksin ini wajib diberikan pada bayi. Jadwal : vaksin campak diberikan saat bayi berusia 9 bulan dan telah mencapai usia enam tahun.

Imunisasi yang dianjurkan

Hib
Singkatan dari Haemophilus influenzae type b. Namanya sebenarnya salah kaprah karena ia adalah bakteri, sementara influenza disebabkan oleh virus. Hal ini karena ia ditemukan pada saat terjadi wabah influenza sehingga diduga sebagai penyebab influenza. Sesungguhnya ia penyebab penyakit meningitis jenis tertentu, bacteremia, selulitis, osteomyelitis, epiglottitis, arthritis menular dan pneumonia. Jenis penyakit yang disebabkannya tergantung pada banyak faktor. Dalam kondisi tertentu, ia malah tidak menimbulkan penyakit. Vaksinnya ditemukan tahun 1985 Jadwal : Diberikan pada usia bayi 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Setelah itu di ulangi kembali dalam rentang yang lebih luang, yaitu saat bayi berusia antara 15 hingga 18 bulan.

Pneumokokus (PCV)
Pneumokokus adalah penyebab peradangan paru-paru atau pneumonia.  Lebih dari dua juta anak dibawah lima tahun setiap tahun di dunia mengalami infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae dan satu juta diantara meninggal. 90% korban meninggal berada di negara tertinggal. Vaksin PCV dikembangkan tahun 1977. Jadwal : Diberikan pada usia bayi 2 bulan, 4 bulan dan 6 bulan. Setelah itu diulangi kembali dalam rentang antara usia bayi 12 bulan hingga 15 bulan.

Influenza
Influenza disebabkan oleh virus dari famili Orthomyxoviridae. Famili virus ini termasuk musuh bebuyutan manusia dari dahulu kala. Manusia dan virus influenza saling berperang layaknya antara virus dan antivirus. Akibatnya virus influenza terus ber evolusi menjadi banyak jenisnya dalam beberapa puluh tahun terakhir. Yang terakhir kita temukan adalah virus flu burung dan flu babi. Karena ini juga mengapa vaksin untuk influenza terus berubah tergantung trend penyakit influenza di masyarakat. vaksin influenza pertama dikembangkan tahun 1945. Jadwal: Diberikan setahun sekali semenjak bayi berusia 6 bulan hingga telah mencapai usia 12 tahun.

MMR
MMR singkatan dari Measles, Mumps and Rubela (Campak, Beguk dan Rubela). Ini artinya tiga virus yang dilemahkan dan dimasukkan dalam satu vaksin sekaligus. Dan tebak siapa penemu vaksin ini? sekali lagi adalah Maurice Hilleman pada tahun 1960an, orang yang menemukan vaksin hepatitis A dan campak. Rubela sendiri adalah sejenis campak. Tidak mematikan kecuali jika menyerang ibu hamil. Beguk adalah penyakit bengkak dan sakit di kelenjar paratiroid yang terletak di leher. Ia juga disebabkan oleh virus. Jadwal : Diberikan saat bayi berusia 15 bulan. Setelah itu diberikan kembali ketika ia telah berusia 6 tahun.

Tifoid
Demam tifoid adalah penyakit menular bakteri Salmonella typhi. Akibat infeksi bakteri ini, demam bisa terjadi selama 4 hingga 5 minggu. Pada minggu ketiga, komplikasi dapat terjadi dan bisa mematikan bila tidak dirawat (10-30% meninggal). Sekarang penyakit ini jarang sekali terjadi dan lebih jarang lagi yang berakibat fatal. Hal ini disebabkan sanitasi dan penemuan vaksin yang telah cukup lama.  Tifoid berbeda dengan tifus. Vaksin ini ditemukan tahun 1896 oleh Almorth Edward Wright. Jadwal : Diberikan tiap tiga tahun mulai anak berusia 2 tahun hingga 12 tahun.

Hepatitis A
Penyakit menular virus yang berakibat pada penyakit hati. Hepatitis A merupakan jenis hepatitis yang paling ringan. Vaksinnya telah ditemukan tahun 1992 oleh Maurice Hilleman dari Merck. Orang yang sama yang menemukan vaksin campak, 29 tahun sebelumnya. Jadwal : Diberikan dua kali dengan interval 6 – 12 bulan, saat anak berusia antara 2 hingga 12 tahun.

Varicela (Cacar air)
Penyakit menular virus yang ditandai demam, cepat lelah, lesu dan lemah. Kadang disertai sakit kepala dan nyeri sendi. Setelah beberapa hari muncul bercak kemerahan di dada kemudian perut atau punggu lalu di tangan dan kaki serta wajah. Bercak ini kemudian menjadi lenting berisi air. Bila digaruk akan timbul bekas luka yang mudah terinfeksi. Luka ini dapat lebih cepat sembuh bila anda mengkonsumsi air mineral, vitamin C (buah, juice) dan vitamin E (minuman lidah buaya dan rumput laut). Sekarang tidak perlu khawatir, sains telah menyiapkan vaksin cacar airnya untuk  membuat gejala yang timbul apabila terkena jauh lebih ringan bayi anda. Berterima kasihlah pada Michiaki Takahashi yang berhasil menemukannya di tahun 1974. Jadwal : Vaksin diberikan sekali pada saat anak berusia antara 5 hingga 12 tahun

HPV
HPV singkatan dari Human Paviloma Virus. Ada sekitar 200 tipe HPV dan sebagian besar tidak berbahaya. Tapi beberapa tipe sangat berbahaya. Tipe yang berbahaya ini menyebabkan kanker leher rahim (serviks), vulva, vagina dan anus pada wanita sementara pada pria menyebabkan kanker penis dan anus. Dilihat dari organ yang diserangnya jelas ini termasuk penyakit menular seksual.  Anda tidak ingin anak anda beresiko terkena HPV yang berbahaya? Untungnya tahun 2006, sudah ditemukan vaksin nya oleh Merck dan dipasarkan dengan nama Gardasil. Jadwal : Diberikan sekali pada saat anak berusia 10 hingga 12 tahun.
Sumber: http://www.faktailmiah.com

0 comments:

Post a Comment